Langsung ke konten utama

about Marriage



Tahun ini, saya tepat menginjak usia 24 tahun. Usia yang banyak dibilang orang  sudah pas untuk menuju gerbang pernikahan. Usia dimana mulai banyak orang yang menanyakan” Kapan Menikah?”. Tapi sayang, saya bukan ingin mengabarkan kalau saya ingin menikah di tahun ini. *winkwink

Beberapa minggu terakhir,  saya mulai keranjingan untuk membaca berbagai tulisan di blog soal personal life mereka. Tentang menuju pernikahan, pasca menikah bahkan soal parenting. Hampir setiap pagi rutinitas saya berubah dengan membaca blog. Seperti www.bridestory.com, weddingku.com, superbridezilla.blogspot.co.id.

Beberapa teman saya sudah ada yang menikah, bahkan salah satu teman baik saya sudah menikah tahun lalu. Belum lama juga, beberapa teman memposting foto pernikahan mereka di akun instagramnya. Ada juga yang bercerita soal kehidupan pasca menikah di Instagram story mereka. Bahkan saya mendengarkan berbagai cerita dari temen kantor yang sudah menikah. 

 Terus? Pengen nikah juga? No. Belum maksudnya untuk saat ini. Hehe

Dengan membaca tulisan mereka, saya mendapat gambaran bahwa memutuskan dan mengurus soal pernikahan, sampai menuju kata “SAH” itu tidak mudah. Banyak hal yang harus di persiapkan, bukan hanya soal mengurus KUA, undangan, kebaya,dekor,catering,memilih menikah di gedung atau di rumah, but it’s a lot beyond. Belum lagi masalah perdebatan kecil antar keluarga, perdebatan antara calon pengantin dan masalah lainnya, a big question is…

“Do we really need to ride this roller coaster before the big event?”

“Menikah di KUA gratis bukan? Kenapa gak nikah di KUA aja? Ah, takut dengan omongan keluarga besar. Kan kita harus mengikuti adat. Nanti kalau jadi omongan tetangga bagiamana?”



Belum lagi kehidupan pasca menikah. Bahagia memang rasanya tinggal satu rumah dan bangun dengan melihat orang yang kita cintai. Tapi sayang, kehidupan pasca menikah bukan hanya sebatas itu. Masalah tempat tinggal,membeli kebutuhan dapur, membeli peralatan dapur,perdebatan hal sepele, masalah dengan mertua dan semua hal perubahan kebiasaan yang kita lakukan. 

Saya jadi teringat salah satu postingan teman soal kehidupan pasca menikah di instagram. 

" ternyata harga alat dapur itu mahal ya, tau gitu waktu masih sendiri dulu saya kumpulkan alat rumah tangga. Bukannya membeli baju dan sepatu. Hahaha” dan “saya baru tau kalau harga gorden itu jutaan,setelah menikah hahaha”


Itu yang bisa saya simpulkan dari membaca tulisan mereka dan mendengar cerita2 mereka. Membuat saya berfikir banyak hal. Apa saya sudah cukup siap untuk mempersiapkan dan memasuki kehidupan pernikahan? Apa saya sudah cukup mampu untuk menurunkan ego ketika hidup dengan “Dia”? Apa saya sudah cukup bekal untuk menjadi menantu, Ibu dan istri yang baik? 

Saya takut? Sedikit. Tapi saya lebih banyak khawatir jika nanti saya tidak bisa menjadi sosok seperti yang “Dia” harapkan. 


RUMAH


Bagian paling penting menurut saya yang harus pertama kali disiapkan. Ibu saya selalu bilang “ kalau abis nikah jangan sampe nyusahin orang tua ya (termasuk mertua)”. 

Rasanya saya sudah di doktrin dengan kalimat itu. Saya memang ingin memiliki tempat tinggal sebelum akhirnya resmi menikah. Saya juga tidak ingin tinggal dengan mertua,saya cukup khawatir dengan berbagai pengalaman banyak orang soal tinggal dengan mertua. Bukannya saya tidak ingin belajar untuk menjadi menantu yang baik, Rasanya lebih baik kalau menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi.  

Selain  keranjingan membaca blog soal pernikahan, saya juga keranjingan untuk mengirimkan berbagai macam tema pernikahan plus harga dan berbagai macam catering. And You know what?Cuma dibales. Mau buat bayar WO apa rumah? Jelas saya memilih rumah. 

Sangat wajar rasanya setiap perempuan memiliki pernikahan impian. Tapi tetap harus realistis. Mungkin bisa saja saya mewujudkan pernikahan impian saya, kalau semua kebutuhan saya sudah terpenuhi. 


Tidak ada ruginya memang membaca semua pengalaman yang mereka tulis. Setidaknya saya memiliki bayangan bagaiamana ribet nya mempersiapkan pernikahan, bagaimana kehidupan pasangan baru menikah,dan  bagaimana berhubungan dengan mertua. Saya yakin, ketika nanti saya ada di posisi itu, lahir batin saya akan jauh lebih siap untuk menghadapi semua kemungkinan yang terjadi. Pelajaran paling beharga belajar dari pengalaman bukan? Bukan hanya pengalaman pribadi tapi juga pengalaman orang lain. 

Saya pernah menulis, Menikah lah di waktu yang tepat bukan tepat waktu.
Jika sebagain orang menganggap usia yang tepat untuk menikah di rentan usia 22-25, dan kamu meyakinkan itu sebagai waktu yang tepat dengan hanya berpatokan dengan usia.  Tidak ada salahnya juga mengambil keputusan untuk menikah. Kalau saya, saat ini saya lebih menyiapkan diri untuk belajar menjadi lebih baik, untuk mempersiapkan apa yang saya butuhkan, memikirkan bagaimana kehidupan setelah menikah (meskipun saya sangat yakin bahwa menikah akan membuka berbagai pintu rejeki), mempersiapkan batin saya untuk benar-benar meninggalkan rumah. 


Sampai bertemu di waktu yang tepat. Dengan lahir dan batin kita yang jauh lebih siap.Percayalah, semakin kamu mencari semakin kamu tidak akan pernah menemukan. Karena menikah bukan soal kesempurnaan tapi saling menyempurnakan.


Sampai bertemu pada "Rumah" yang kamu impikan dan selalu menerimamu "pulang". 


 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita soal "Dr Kun Jayanata SpKK(K)"

https://beautifulmango.com   Masa-masa kuliah bisa dibilang jadi masa paling suram sih. karena muka aku yang dari SMP-SMA gak pernah jerawatan sama sekali dan kebal pake apapun bahkan Cuma pake ponds plus bedak bayi aja tiap hari. Waktu kuliah dengan tiba-tiba itu jerawat pada muncul, datengnya langsung keroyokan.hmmm puber telat kah ini? Nampaknya bukan. Setelah itu muka aku jadi super sensitif, super berminyak, kalau kena matahari bisa langsung merah, bruntusan hampir semuka. Orang-orang terdekat (apalagi si Ibu)   aja sampe kaget plus bingung waktu ketemu.   “Lah? Gimana gue? Gue juga kaget kali tiba2 begini tanpa sebab.” http://www.keziagc.com     Sekarang? udah jauh lebih baik kondisinya. Berkat Dr Kun? Alhamdulillah iya. Dengan proses purging yang cukup parah buat aku.Proses gak khianatin hasil kan ya. Sebenernya aku udah tau Dr Kun dari tahun lalu, banyak banget yang emang yang dateng kesana dan cocok. Tapi, masih ragu karena takut harus ngalamin p

Review Felinz Lip scrub "Frosted Peach"

Halo pecinta lipstick. . Pasti kamu udah gak asing dong ya sama Lip scrub, Biasanya sih aku suka pake lipscrub buat ngapus lipstick matte yang aku pake. Waktu itu gak sengaja ke BEAU deket kosan buat jalan-jalan, terus ngeliat satu produk lip scrub yang lagi diskon *aku beli ini memang karena lagi diskon dan baru tau kalo ada produk lip scrub namanya Felinz hahaha.Karena harganya cuma sekitar 16 ribuan waktu itu, jadi tanpa pikir panjang aku langsung beli. Felinz ini ngeluarin dua jenis, ada yang Cherry kiss sama Frosted Peach. Tapi aku pilih yang Frosted Peach.  Maapin fotonya gak jelas                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

REVIEW Eyeliner "Silky Girl, Catrice, MIZZU, Maybeline"

     Ya ampun kok aku baru sadar kalo punya banyak eyeliner ya haha. Berasa wajib banget pake Eyeliner kalo ke kantor. Efeknya sih kalau di aku bikin mata jadi lebih hidup aja.Kali ini ada 4 Eyeliner yang udah aku coba, dari ke 4 Eyeliner ini ada satu yang aku suka banget dan ada satu juga yang bikin nyesel setelah beli hiks 😢 . ya sudah kita mulai dari penampakannya dulu ya di tangan. ini dia penampakannya kalau aku swatch ke tangan. Aku review mulai dari no 1-4. 1 . Maybelline HyperSharp Liner        Aku suka banget sama Maybelline HyperSharp Liner ini, langsung jatuh cinta dari pertama coba dan mungkin ini juga favorite kamu. Ini aku beli sekitar 6 bulan lalu di Guardian, harganya sekitar Rp 95.000-an. Pertama beli karena penasaran, banyak banget yang review dan bilang kalo ini bagus. Ternyata emang beneran bagus dong, Gak nyesel beli lumayan mahal wkwk 😆.      Maybelline Hypersharp ini ada 3 jenis sebenernya. Ada yang tutupnya warna Merah, Ungu dan Ku